Opportunity Cost Adalah: Pengertian, Penyebab, Manfaat, Contoh, dan Faktor yang Memengaruhi

Opportunity cost adalah

Tahukah kamu Opportunity Cost Adalah: Pengertian, Penyebab, Manfaat, Contoh, dan Faktor yang Memengaruhi?

Dalam keseharian masyarakat, sebuah pilihan tak pernah luput dalam tiap aksi yang dilakukan. Ketika membeli sesuatu misalnya, kita akan dihadapkan pada pilihan barang bagus dengan harga selangit dan barang murah namun kualitasnya buruk. Atau saat hendak pergi bermain namun ada tugas sekolah yang menunggu untuk dikerjakan. Kita diberi pilihan untuk bermain namun tugas terbengkalai, atau menolak untuk bermain demi menyelesaikan tugas dengan resiko kehilangan waktu bersenang-senang.

Pilihan-pilihan yang memberi dampak itulah yang disebut dengan opportunity cost. Wah, kira-kira apa itu opportunity cost?

Apa faktor-faktor yang memengaruhi opportunity cost? Apa manfaat opportunity cost? Apa contoh opportunity cost?

Well, silahkan temukan jawabannya di sini.


Pengertian Opportunity Cost

Opportunity cost adalah pedoman dalam melakukan pemilihan prioritas seseorang dengan memaknai manfaat dan kekurangan dari biaya yang akan dikeluarkan, ketika dihadapkan pada beberapa pilihan. Darsono (2009:22) mengungkap bahwa opportunity cost menjadi kesempatan yang nantinya dikorbankan saat memilih satu dari beberapa alternatif dengan tujuan memperoleh manfaat yang dikorbankan.

Setiap individu diharuskan melakukan perhitungan biaya peluang dalam mengambil suatu keputusan. Mengapa? Karena individu akan kehilangan kesempatan untuk membeli bahkan memakai barang pada pilihan lain. Individu juga turut memanfaatkan berbagai potensi yang tersedia sehingga mampu memperoleh keuntungan lebih.


Penyebab Opportunity Cost

Opportunity cost adalah pemaknaan dan perhitungan probability pemakaian akses alternatif dari ragam pilihan. Penyebab opportunity cost adalah prioritas pilihan dan kelangkaan.

Prioritas Pilihan.

Opportunity cost terjadi ketika seseorang memilih satu pilihan dengan melewatkan manfaat dari pilihan lain yang tersedia. Hal ini disebut dengan prioritas pilihan dimana seseorang memilih sesuatu karena prioritas dan kebutuhannya. Dampaknya menghasilkan buah positif. Seseorang akan semakin terlatif untuk mengembangkan mindset bahwa penyeimbangan manfaat dan biaya dalam pengambilan suatu keputusan adalah hal yang intens.

Kelangkaan

Penyebab opportunity cost adalah kelangkaan. Kita dihadapkan pada ragam sumber daya yang langka. Dengan membuat suatu putusan dalam melakukan pemilihan jumlah barang dan sumber daya yang ingin diambil dan dibeli, konsep opportunity cost sudah diterapkan di dalamnya.


Faktor-Faktor yang Memengaruhi Opportunity Cost

Faktor-faktor yang memengaruhi opportunity cost adalah skala prioritas dan tujuan pemilihan. Sumber daya yang langka dan terbatas berhasil memengaruhi individu untuk menentukan pilihan sesuai skala prioritas mereka. Dengan berhasil memaknai prioritas, tak bisa terelak bahwa manfaat dan keuntungan dari pilihan yang diambil juga mengikuti dari belakang.

Tujuan pemilihan juga menjadi opsi penting yang memengaruhi opportunity cost. Kita harus menyeimbangkan biaya yang kita punya dengan manfaat yang akan diperoleh. Mengetahui tujuan pemilihan juga memberimu hasil yang maksimal kelak.


Manfaat Opportunity Cost

Opportunity cost dapat menjadi alat pengambilan keputusan dalam kehidupan sehari-hari bahkan dalam dunia bisnis sekalipun.

Manfaat Opportunity Cost adalah:

1. Memberi kemudahan dalam menentukan prioritas pilihan. 

Penerapan opportunity cost dapat membantu kita menyesuaikan kondisi dan biaya dengan kebutuhan yang paling penting. Tak melulu dengan alasan tingginya persentase darurat ketika pilihan diambil, namun memaknai persentase keuntungan dari pilihan lain yang tersedia.

2. Meminimalisir resiko. 

Penerapan opportunity cost dapat memberi kita gambaran tentang pilihan-pilihan yang tersedia. Dengan melakukan pemaknaan dan perbandingan sebelum pengambilan keputusan dapat meminimalisir resiko yang akan terjadi kelak.

3. Memantapkan struktur alokasi dana. 

Opportunity cost membuat kita paham tentang prioritas, risiko, dan baik buruk pilihan. Kita juga dapat menetapkan prioritas biaya dalam pemilihan opsi. Hal ini dapat kita jadikan acuan untuk memantapkan struktur alokasi dana sehingga menghemat pengeluaran. 


Contoh Opportunity Cost

Contoh opportunity cost sederhana adalah seorang siswa memilih untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perkuliahan S1 dibandingkan bekerja di restoran dengan gaji 3juta perbulan. Ia merasa bahwa kuliah menjadi investasi penting untuk dirinya. Siswa tersebut akan kuliah selama 4 tahun, dan bersamaan dengan itu ia akan kehilangan gaji sebesar 144juta. Jadi opportunity cost untuk kuliah S1 adalah sebesar 144juta yang tak lain adalah banyaknya gaji yang ia terima saat memilih untuk tidak bekerja.

Contoh opportunity cost adalah seseorang yang memilih untuk masuk angkatan kerja di usia 16 tahun tanpa pengalaman serta kemampuan yang layak akan langsung mendapatkan uang. Akan tetapi opportunity cost orang tersebut adalah kehilangan peningkatan kualitas diri dan mendapat gaji tinggi dalam penantian yang Panjang.


Kesimpulan

Opportunity cost berarti meninggalkan manfaat dari pilihan lain saat kita memilih sesuatu. Opportunity cost berpengaruh besar dalam keseharian manusia. Dengan memahami opportunity cost, kita diharapkan mampu bersikap bijak dalam memutuskan pilihan yang hendak diambil.


Well, sekian pemaparan materi terkait opportunity cost. Semoga menambah wawasan kamu ya! 


Baca Juga : Harga Sebuah Kesetiaan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Konstruksi Sistem: Pengertian, Tujuan, dan Langkah-Langkah

(CERPEN) Senja di Angkringan

Nyanyian Lampu Merah

Kotak Langganan Email

Nama

Email *

Pesan *