Waspada! Inilah Pentingnya Menjaga Privasi di Tempat Kerja

Pentingnya menjaga privasi di tempat kerja adalah

Privasi merupakan kehidupan seseorang yang bebas dari mata-mata dan gangguan publlik. Privasi menjadi tameng yang mampu menyaring aliran informasi yang masuk dan melakukan pengelolaan batasan diri dari berbagai tindakan yang dilakukan orang lain. 

Privasi menjadi hal yang sangat penting bagi manusia. Dengan privasi, kita diberi ruang untuk bebas berekspresi sesuai keinginan kita. Privasi berlaku di mana pun dan kapan pun, termasuk di tempat kerja.

Menurut UU No. 1 Tahun 1970, tempat kerja adalah tiap ruangan atau lapangan, tertutup atau terbuka, bergerak atau tetap, dimana tenaga kerja bekerja, atau sering dimasuki kerja untuk keperluan suatu usaha dan dimana terdapat sumber atau sumber-sumber bahaya. Tempat kerja menjadi lingkungan yang berkaitan dengan profesi yang sedang kita ilhami. Berbagai jenis tempat kerja telah membentuk berbagai jenis manusia sesuai bakat dan keahlian.  

Di tempat kerja seperti organisasi dan perusahaan biasanya menggunakan teknologi dan memberlakukan kebijakan untuk memaksimalkan produktifitas karyawan. Hal itu juga bertujuan untuk melakukan perlindungan sumber daya TI. Organisasi dapat memonitor aktifitas email karyawan. Bahkan banyak orgasisasi yang secara eksplisit membatasi privasi karyawan yang menggunakan computer, server dan email perusahaan.

Pentingnya menjaga privasi di tempat kerja adalah membuat kita mampu menghargai dan menghormati hak kehidupan sosial orang lain. Privasi ibarat patokan yang difungsikan sebagai titik asal dalam melakukan pengaturan hal-hal di tempat kerja sehingga mampu mengestimasi kebijakan yang telah diambil. Pentingnya privasi juga membuat kita mampu menjaga diri untuk tidak menafsirkan orang lain sehingga nantinya timbul batasan antara ruang publik dengan ruang pribadi.

Menjaga privasi di tempat kerja ibarat toleransi dengan rekan kerja. Bersamaan dengan itu, privasi termasuk hal sensitif sehingga akan menimbulkan suatu permasalahan ketika seseorang menggangggu privasi orang lain. Dengan memiliki etika saat bertanya suatu hal pada orang lain, itu menjadi salah satu penerapan privasi.

Lalu, bagaimana cara menjaga privasi di tempat kerja?

Cara menjaga privasi di tempat kerja adalah sebagai berikut:

Privasi dalam penggunaan perangkat dengan sensor seperti RFID. 

RFID biasanya ditemukan di kartu identitas karyawan di perusahaan. Jika data di RFID disalin  oleh hacker, hal ini dapat membahayakan perusahaan karena bisa saja perangkat dengan sensor RFID digunakan sebagai kunci keamanan Gedung dan akses terhadap data. Banyak negara yang tidak setuju terhadap inisiasi implant chip ke dalam tubuh manusia, karena menyangkut dengan privasi dan keamanan individu.

Jangan pernah menggunakan aplikasi pesan instan personal dalam pekerjaan

Gunakan aplikasi perpesanan dengan rating keamanan tinggi 

Jangan mengirimkan data pribadi yang sensitive menggunakan pesan instant

Jangan mengirimkan pesan yang memalukan atau berbahaya 

Jangan membuka file yang didapatkan melalui pesan dari orang tidak dikenal

Menggunakan email perusahaan sesuai kebutuhan. Selalu ingat bahwa peraturan pemeritah mengijinkan perusahaan untuk memantau penggunaan email karyawan. Bahkan email yang telah dihapus dari computer harus dapat dipulihkan untuk kepentingan penyidikan kasus hokum

Dari penjelasan di atas, sekarang kita sudah mengerti betapa pentingnya menjaga privasi di tempat kerja. Hal itu bermanfaat untuk kebebasan diri kita serta menjaga proses bisnis organisasi atau perusahaan tempat kita bekerja.

Well, itulah penjelasan tentang cara dan pentingnya menjaga privasi di tempat kerja. Semoga menambah wawasan anda ya!


Baca Juga : Pentingnya Melek Informasi di Era Digital


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Konstruksi Sistem: Pengertian, Tujuan, dan Langkah-Langkah

(CERPEN) Senja di Angkringan

Nyanyian Lampu Merah

Kotak Langganan Email

Nama

Email *

Pesan *