Optimalkan Keputusan Anda dengan Ceteris Paribus

Ceteris Paribus adalah


Dalam dunia ekonomi, sebuah ekspektasi antar pelaku ekonomi tak terlepas dari keuntungan yang akan diperoleh. Dalam mewujudkan berbagai keuntungan itu diperlukan analisis-analisis yang nantinya menjadi pondasi dalam tata laksana kegiatan ekonomi.

Salah satunya adalah asumsi Ceteris Paribus. Ceteris Paribus adalah asumsi dalam proses pendayagunaan dan penyederhanaan ragam deskripsi, serta rumus yang banyak dimanfaatkan dalam kegiatan ekonomi. Lantas, apa manfaat dari ceteris paribus? Seberapa besar perannya dalam pengingkatan keuntungan para pelaku ekonomi?

Well, silahkan temukan jawabannya di bawah ini!


Pengertian Ceteris Paribus

Apa pengertian dari Ceteris Paribus?

Ceteris Paribus adalah asumsi yang berfokus pada variabel yang ingin diamati dan dianalisis serta mengabaikan variabel lain. Variabel lain yang pada dasarnya memang berpengaruh akan dibuat konstan. Hal ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar dan bagaimana pengaruh variable bebas terhadap variable terikat.

Menurut LPPPES, sebuah lembaga yang berfokus pada pelaksanaan penerbitan, penelitian, serta Pendidikan dan social eknonmi, ceteris paribus merupakan sebuah keadaan yang mengggambarkan posisi variable lain tetap sama. Dengan menentapkan variable lain konstan maka akan mempermudah proses pemahaman hubungan antara dua variable.


Tujuan Ceteris Paribus

Ceteris paribus mengedepankan analisis terhadap dua variabel. Ketika menganalisis pengaruh kenaikan harga terhadap produksi barang, kitab isa mengabaikan variabel lain atau membuatnya konstan. Contoh variabel lainnya adalah minat, kualitas barang, modal, dan sebagainya.

Tujuan ceteris paribus adalah menyatakan sebuah relasi kodratik antara dua variabel yaitu variabel bebas dan variabel terikat tanpa dipengaruhi oleh variabel lain. Ceteris paribus bertujuan untuk mempermudah analisis dalam ekonomi.


Manfaat Ceteris Paribus

1. Pengisolasian variabel yang hendak diteliti

Ceteris paribus berfokus pada variabel yang ingin diteliti dan dianalisis sehingga dapat dilakukan isolasi terhadap variabel lain. Hal ini sangat bermanfaat karena kita tak perlu risau terhadap pengaruh variabel lain yang ingin diteliti

2. Meringankan kita dalam melakukan analisis ekonomi kompleks

Seperti yang disinggung sebelumnya bahwa cateris paribus memfokuskan kita dalam meneliti variabel dan mengabaikan variabel lain. Hal ini tentu meringankan beban kita dalam melakukan analisis karena kita hanya perlu meneliti variabel yang menjadi focus penelitian. Ceteris paribus menambah keefektifan dan manage waktu yang baik dalam tata laksana analisis ekonomi.


Kesimpulan

Ceteris paribus membantu kita dalam menganalisis ekonomi secara efektif dan efisien. Berbagai manfaat yang ditolerkan tentu harus dapat kita manfaatkan secara baik dan benar

Wel, itulah pemaparan terrkait cateris paribus. Semoga menambah wawasan  kamu ya!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Konstruksi Sistem: Pengertian, Tujuan, dan Langkah-Langkah

(CERPEN) Senja di Angkringan

Nyanyian Lampu Merah

Kotak Langganan Email

Nama

Email *

Pesan *